Pertama-tama dalam membuat object
yang memiliki pencahayaan atau lightning, kelompok kami akan membuat sebuah “Lampu Taman” yang di mana akan memberikan cahaya
pada sekitar lampu tersebut.
Langkah awal dalam pembuatan lampu
taman kita akan membuat “plain” sebagai taman seperti di
gambar ini

(Gambar 1.0)
Setelah
itu kita akan membuat sedikit tambahan environment seperti bangku taman dan
pohon sebagai pendukung tambahan untuk menjadi sebuah taman.

(Gambar 1.1)
Setelah
itu kita akan membuat lampu, di mana itu adalah tujuan utama dalam membuat tugas ini, pertama-tama buat tiang dengan menggunakan “cylinder” lalu bentuk cylinder itu hingga berubah menjadi sebuat tiang lampu
dengan mengganti scale dari cylinder itu caranya adalah denan menekan S (scale) lalu at ugaris X,Y dan Z hingga
seperti ini.

(Gambar 1.2)

(Gambar 1.3)
Setelah
itu kita akan membuat sebuah lampu taman yang akan kita gunakan sebagai sumber cahaya
object dengan, cara
membuat mesh baru yaitu sphere hingga seperti ini:

(Gambar 1.4)
Setelah
itu kita akan membentuk dengan seksama hingga seperti bohlam lampu.
Pertama
kita masuk ke edit mode dengan cara
menekan tab hingga mesh berubah seperti ini

(Gambar 1.5)

(Gambar 1.6)
Lalu
kita lakukan masking dengan cara menekan CTRL + MOUSE KIRI untuk masking
semuanya area yang kita ingin ubah seperti gambar di atas. setelah itu untuk
membentuk lampu bohlam kita akan bermain dengan scale hingga seperti ini

(Gambar 1.7)
Selanjutnya
kita hanya akan menyatukan bohlam dengan tiang hingga seperti ini

(Gambar 1.8)
Setelah
itu kita akan membuat glass kaca untuk lampu tamannya dengan menambahkan mesh
baru yaitu sphere atau lingkaran.

(Gambar 1.9)
Selanjutnya
kita akan membuat menjadi transparent dengan cara menambahkan material pada
sphere seperti berikut

(Gambar 1.10)

(Gambar 1.11)

(Gambar 1.12)
Setelah
itu kita akan membuat bohlam menyala terang dengan cara menambahkan cahaya pada
tengah bohlam. Di sini kita akan menggunakan point Karena sifat cahaya bohlam adalah berpusat di satu titik lalu
menyebar secara menyeluruh.

(Gambar 1.13)

(Gambar 1.14)
Lingkarang
paling atas berfungsi untuk mengatur warnan dan lingkaran paling bawah berfungsi untuk
mengatur intensitas cahaya. Maka selanjutnya kita akan melakukan proses
rendering hingga seperti ini:

(Gambar 1.15)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar