Jumat, 28 April 2017

Objek Cahaya & Radiosity

Pertama-tama dalam membuat object yang memiliki pencahayaan atau lightning, kelompok kami akan membuat sebuah “Lampu Taman yang di mana akan memberikan cahaya pada sekitar lampu tersebut.
Langkah awal dalam pembuatan lampu taman kita akan membuat plainsebagai taman seperti di gambar ini
(Gambar 1.0)

Setelah itu kita akan membuat sedikit tambahan environment seperti bangku taman dan pohon sebagai pendukung tambahan untuk menjadi sebuah taman.
(Gambar 1.1)

Setelah itu kita akan membuat lampu, di mana itu adalah tujuan utama dalam membuat tugas ini, pertama-tama  buat tiang dengan menggunakan cylinder lalu bentuk cylinder itu hingga berubah menjadi sebuat tiang lampu dengan mengganti scale dari cylinder itu caranya adalah denan menekan S (scale) lalu at ugaris X,Y dan Z hingga seperti ini.
(Gambar 1.2)

(Gambar 1.3)

Setelah itu kita akan membuat sebuah lampu taman yang akan kita gunakan sebagai sumber cahaya object dengan, cara membuat mesh baru yaitu sphere hingga seperti ini:
(Gambar 1.4)

Setelah itu kita akan membentuk dengan seksama hingga seperti bohlam lampu.
Pertama kita masuk ke edit mode dengan cara menekan tab hingga mesh berubah seperti ini 
(Gambar 1.5)

(Gambar 1.6)

Lalu kita lakukan masking dengan cara menekan CTRL + MOUSE KIRI untuk masking semuanya area yang kita ingin ubah seperti gambar di atas. setelah itu untuk membentuk lampu bohlam kita akan bermain dengan scale hingga seperti ini


(Gambar 1.7)

Selanjutnya kita hanya akan menyatukan bohlam dengan tiang hingga seperti ini
(Gambar  1.8)

Setelah itu kita akan membuat glass kaca untuk lampu tamannya dengan menambahkan mesh baru yaitu sphere atau lingkaran.
(Gambar 1.9)

Selanjutnya kita akan membuat menjadi transparent dengan cara menambahkan material pada sphere seperti berikut 
(Gambar 1.10)

(Gambar 1.11)

(Gambar 1.12)


Setelah itu kita akan membuat bohlam menyala terang dengan cara menambahkan cahaya pada tengah bohlam. Di sini kita akan menggunakan point Karena sifat cahaya bohlam adalah berpusat di satu titik lalu menyebar secara menyeluruh.
(Gambar 1.13)

(Gambar 1.14)

Lingkarang paling atas berfungsi untuk mengatur warnan dan lingkaran paling bawah berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya. Maka selanjutnya kita akan melakukan proses rendering hingga seperti ini:
(Gambar 1.15)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar